Strategi Tepat Memilih Properti Untuk Hunian Yang Nyaman

Beberapa orang memilih properti yang memang digunakan untuk sarana investasi. Namun beberapa orang lainnya justru memilih properti untuk pilihan hunian yang lebih nyaman. Dalam memilih hunian tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, demi mendapatkan yang terbaik.

Salah satunya Anda bisa memilih Thamrin Residence, dimana tipe properti ini cocok sekali bagi yang ingin investasi atau mendapatkan hunian terbaik. Thamrin Residence sendiri adalah bangunan yang berkonsep multifungsi, dengan lokasi strategis yaitu di area Thamrin Jakarta pusat.

Strategi Pilih Properti Untuk Hunian

Untuk Anda yang sedang mencari properti sebagai hunian pertama, maka bisa terapkan beberapa tips atau strategi berikut ini.

1. Lokasi Hunian

Lokasi penting diutamakan dalam pemilihan properti untuk hunian. Karena tentu saja lokasi bisa mempengaruhi harga hunian yang dipilih. Jika Anda memilih properti di pusat kota tentu harganya akan jauh lebih mahal jika dibanding pinggiran kota.

Misal memilih area hunian di daerah Thamrin, tentu Anda harus menyiapkan budget yang memadai. Berbeda dengan ketika memilih hunian di area Depok, bentuk harganya akan jauh lebih murah.

Tetapi selama terdapat akses yang mudah ke mana saja, hunian di pusat kota atau di pinggiran kota tentu tidak masalah. Yang penting masih dekat dengan berbagai fasilitas publik dan juga transportasi.

2. Developer Berpengalaman dan Terpercaya

Memilih penting terkait pengembang properti. Bisa dibilang, pemilihan developer tidak mudah tapi juga tidak terlalu susah. Maka dari itu, Anda harus cermat agar dapat menemukan pengembang terpercaya.

Terbaik bisa Anda temukan lewat internet atau meminta rekomendasi dari teman dan kerabat. Jika lewat internet, maka lebih mudah pula mengetahui bagaimana testimoni dari orang-orang yang sebelumnya sudah menggunakan developer tersebut.

Perhatikan bagaimana pemilihan developer seputar surat izin dari pembangunan properti, kualitas bangunan dan lain-lain. Untuk pembelian hunian secara KPR, maka pastikan bahwa tidak membayar DP sebelum KPR disetujui. Hal ini agar tidak membuat Anda merasa rugi kedepannya.

3. Kemudahan Akses

Kemudahan akses saat memilih properti tentu harus dipertimbangkan selain lokasinya. Seperti disebutkan sebelumnya, tidak masalah jika lokasi apartemen berada di pinggiran kota. Namun sangat penting memiliki akses transportasi dan infrastruktur yang mudah supaya tetap nyaman.

Apalagi jika anda orang kantoran, sebaiknya pilih properti yang dekat dengan tempat kerja. Lalu Anda harus mengeluarkan biaya transportasi yang lebih mahal dan juga akan membuat energi terkuras.

Pastikan juga bahwa lokasi yang dipilih dekat dengan berbagai fasilitas publik.

Seperti misalnya tempat belanja, pusat pendidikan, pusat kesehatan dan lain-lain. Karena hunian di area Jakarta jauh lebih mahal, beberapa orang memilih untuk mencari lokasi hunian di penyangga Jakarta. Seperti misalnya area Bogor, Depok, Tangerang hingga Bekasi.

4. Harga Hunian

Ketika memilih properti untuk hunian maka harus juga dipertimbangkan harga dari hunian tersebut. Anda harus cermat untuk menemukan harga terbaik dari hunian yang dipilih. Membeli rumah apalagi tipe properti tentu harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak, namun sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Karena semisal anda tidak jadi menempati rumah tersebut, maka hunian bisa dijadikan sebagai ladang investasi. Anda juga harus memperhatikan bagaimana harga properti. Apakah properti tersebut akan menguntungkan kedepannya atau tidak jika dijadikan sarana investasi.

Harga properti dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti lokasi, desain properti, material yang digunakan, fasilitas yang diberikan dan masih banyak lagi. Jika anda orang awam, bisa mencari properti dari agen properti. Umumnya agen properti akan membantu Anda untuk memberikan saran mengenai hunian yang sesuai dengan budget dan keinginan.

5. Lingkungan Hunian yang Aman

Saat memilih properti untuk hunian maka ketahuilah lingkungan dari rumah tersebut. Anda harus memilih hunian yang tidak memiliki potensi banjir atau bencana alam lainnya. Lakukan survei secara langsung untuk mengetahui hal tersebut. Karena jika memilih rumah di kawasan banjir atau longsor tentu akan sangat tidak nyaman dan merugikan.

Selain itu perhatikan juga bagaimana keamanan lingkungan hunian apakah bebas dari tindakan kriminalitas atau tidak. Lingkungan yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi juga sangat tidak aman bagi Anda dan keluarga.

Anda bisa saja langsung mengecek lokasi hunian lalu kaitkan dengan berita-berita kriminal yang terjadi. Jika lokasi tersebut minim kriminalitas, maka merupakan tempat yang aman untuk ditempati.

6. Perhatikan Aspek Lain

Aspek lain maksudnya adalah memperhatikan hunian berdasarkan desain yang ada. Desain yang menarik tentu saja bisa membuat Anda lebih nyaman untuk tinggal di sana. Saat melakukan survei, Anda bisa melihat langsung bagaimana desain interior dan eksterior dari rumah tersebut.

Apakah rumah tersebut cocok dengan keinginan Anda atau tidak,  tentu bisa didasarkan pada kebutuhan dan keputusan. Jika baru pertama sekali melihat rumah tersebut langsung tertarik, Anda bisa pertimbangkan dari segala aspek untuk menentukan lebih matang.

Karena memilih hunian juga harus dipertimbangkan tidak hanya dari segi budget, kemewahan tapi juga berbagai aspek didalamnya. Supaya nantinya Anda tidak menyesal karena sudah mengeluarkan biaya yang banyak untuk pembelian properti.

Jadi dalam proses pembelian properti, apalagi untuk hunian dan investasi Anda harus memperhatikan berbagai pertimbangan. Jika ingin mendapatkan hunian terbaik, juga bisa memanfaatkan platform Rumah.com. Dimana lewat platform ini, Anda bisa mendapatkan rekomendasi hunian terbaik di lokasi potensial.

Tidak hanya properti untuk area Jakarta dan sekitarnya saja, Rumah.com akan membantu anda untuk menemukan berbagai properti terbaik di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa akses website resmi dari rumah.com atau unduh aplikasinya.