Cara Kerja Cloud Hosting Dan Keunggulannya

Jika ditanya apa itu cloud hosting, maka jawabannya adalah sebuah hosting yang punya beberapa server untuk meningkatkan performa dari suatu website. Tidak hanya perusahaan yang menjalankan bisnis saja yang menggunakan cloud hosting, tapi juga web master atau Anda yang memiliki web dengan traffic tinggi. Didukung pula dengan banyaknya Ecommerce cloud hosting Indonesia terbaik dan handal yang ada saat ini.

Dengan adanya cloud hosting, Anda bisa menyimpan data pada server di lingkungan virtual yang tersebar di beberapa server yang saling terhubung. Manfaat cloud hosting secara singkat adalah sebagai hosting web, server email, hingga penyimpanan data dan house domain name dan mengelola database.

Cara Kerja Cloud Hosting

Setelah mengetahui apa itu cloud hosting, Anda juga wajib paham bagaimana cara kerjanya. Cloud hosting sendiri bekerja dengan skema clustering yaitu sekumpulan komputer server yang saling terhubung dan bekerja dalam satu kesatuan. Jadi jika Anda menggunakan sistem cloud hosting, data akan tersebar di beberapa server dan bisa diakses lewat virtual.

Karena data disebar pada beberapa server maka anda akan mendapatkan keuntungan yaitu jika satu server mengalami masalah misalnya overload maka software lain bisa ikut membantu. Jadi jika di analogikan seperti hosting yang saling berbagi beban dan juga saling membackup satu sama lain.

Keunggulan Cloud Hosting

Saat ini ada banyak pilihan layanan web hosting murah dan handal di Indonesia, jadi Anda bisa memilih cloud hosting dari salah satu layanan provider hosting tersebut. Dengan menggunakan cloud hosting ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan, seperti berikut.

1. Handal

Ketika website Anda hanya memiliki satu server saja, jika server offline maka pengunjung tidak bisa mengakses website Anda. Tentu saja jika hal ini terjadi maka Anda akan kehilangan pengunjung dan bisa mendapatkan kerugian besar jika Anda punya website bisnis.

Untuk itu, perlu adanya skema clustering yang akan membuat performa website tetap stabil. Dengan adanya cloud hosting, maka beberapa server bisa menekan resiko down time.

2. Skalabilitas

Dengan menggunakan sistem cloud hosting maka akses ke sumber daya sistem bisa lebih besar namun anda hanya membayar sesuai sumber daya yang digunakan saja. Bahkan meski Anda sudah membaginya pada beberapa akun, tetap bisa melakukan pengaturan untuk daya pemrosesan yang jumlahnya besar.

Anda bisa langsung menghubungi cloud hosting provider yang dipilih untuk meminta tambahan sumber daya. Biasanya kondisi ini terjadi ketika trafik Anda semakin tinggi.

3. Fleksibilitas

Dari sisi fleksibilitas, maka Anda bisa menemukan bahwa plat hosting ini sangat serbaguna. Ada banyak pilihan paket cloud hosting yang dipilih dari provider. Jadi misalnya Anda hanya memilih paket standar, namun justru kebutuhannya lebih maka bisa meningkatkan paket yang lebih tinggi dengan fitur yang lebih banyak.

Namun perlu diketahui bahwa untuk mengelola server, maka Anda butuh koneksi internet agar bisa melakukan pengaturan di manapun.

Jadi itu tadi cara kerja menggunakan cloud hosting dan beberapa keunggulan menggunakan jenis hosting ini. Cloud hosting sangat tepat bagi Anda yang memiliki traffic tinggi pengunjung di website dan juga website bisnis.

Anda bisa mengandalkan cloud hosting dari provider Ardhosting, yang memberikan banyak pilihan fitur dan juga punya kinerja optimal akses website 40 kali lebih cepat dari hosting konvensional. Dapatkan juga tingkat keamanan terbaik dengan menggunakan cloud hosting dan harga yang terjangkau pada tiap paketnya.