Apa Penyebab Timbulnya Komedo Hitam di Hidung? Simak Penjelasannya!

Komedo sering tumbuh di beberapa bagian tubuh, terkhususnya bagian hidung. Komedo terbagi menjadi dua jenis yakni komedo hitam dan komedo putih.

Komedo yang timbul di hidung merupakan salah satu jenis jerawat. Masalah kulit ini cukup mengganggu karena sulit dihilangkan. Berikut ini akan jelaskan mengenai penyebab komedo hitam di hidung dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Timbulnya Komedo Hitam di Hidung

Komedo hitam biasanya terlihat seperti bintik-bintik hitam yang sedikit menonjol pada bagian pori-pori kulit.

Penyebab komedo hitam di hidung biasanya karena pori-pori kulit tersumbat kotoran, sel kulit mati, dan minyak. Tumpukan kotoran hingga minyak tersebut akan berubah menjadi bintik hitam atau sering disebut sebagai komedo hitam.

Penyebab lain timbulnya komedo hitam yakni perubahan hormon pada masa pubertas, sebelum maupun selama haid, bawaan hami, maupun penyakit yang dapat meningkatkan produksi minyak berlebih di kulit.

Selain faktor dari dalam tubuh, faktor luar seperti efek samping penggunaan krim atau produk perawatan kulit juga dapat dikategorikan sebagai penyebab komedo hitam di hidung.

Krim atau produk perawatan kulit yang mengandung minyak berlebih justru dapat menyumbat pori-pori kulit. Alhasil, komedo akan timbul akibat sumbatan tersebut.

Faktor lain yang tidak bisa dihindarkan dari timbulnya komedo hitam adalah genetik. Faktor genetika yang membuat kondisi kulit memiliki pori-pori besar, sehingga kulit rentan timbul komedo.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Komedo hitam yang timbul di hidung dapat dihilangkan dengan cara sebagai berikut:

– Membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan sabun muka yang cocok dengan kondisi kulit.

Bagi yang suka olahraga sebaiknya mencuci muka setelah berolahraga dan jangan sampai menunggu keringat mengering.

– Menjaga kebersihan sarung bantal karena benda tersebut yang sering bersentuhan langsung dengan kulit wajah pada saat tidur.

Kebersihan adalah salah satu faktor penting untuk menjauhkan wajah dari jerawat, termasuk komedo.

– Menggunakan masker alami untuk menghilangkan penyebab komedo hitam di hidung.

Masker alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo hitam yaitu campuran madu dan lemon, soda kue dan masker lemon, lulur gula, lulur oatmeal, dan masker dari putih telur. Masker sebaiknya diaplikasikan secara rutin agar komedo cepat menghilang. Untuk hasil terbaik sebaiknya masker digunakan dua kali seminggu.