Simak 5 Cara Belajar Desain Grafis Yang Gampang Berikut Ini!

Ada banyak pilihan jenis bidang desain yang bisa diikuti. Salah satunya yaitu bidang desain grafis. Desain grafis memiliki prospek yang sangat bagus di masa depan, karena banyak perusahaan yang mencari para pekerja di bidang ini. Untuk pemula, Anda juga bisa belajar desain grafis dengan gampang asal tau triknya. Diketahui ada beberapa cara belajar desain grafis yang gampang dan bisa diikuti oleh pemula, simak di sini.

1. Ketahui Dasar Desain

Pertama-tama Anda harus tahu dulu dasar-dasar dari desain. Dari aturan warna, simbol hingga tipografi sebagai fondasi dasar untuk membuat sebuah desain. Lalu Anda juga harus belajar seputar grid system yaitu sistem pembagian garis jika menggunakan bantuan software saat mengerjakan desain grafis.

Anda juga harus mengetahui banyak istilah-istilah umum pada desain grafis.

2. Miliki Gaya Desain

Cara belajar desain grafis yang gampang, kedua Anda harus punya gaya desain sendiri. Anda bisa memilih desain dengan gaya logo, ilustrasi hingga tipografi dan masih banyak lagi.

Dengan punya ciri khas tersendiri, Anda akan fokus mengembangkan suatu kemampuan gaya desain. Jika ingin mempromosikan diri, gaya desain Anda juga bisa lebih populer dan mudah dikenali.

3. Cari Inspirasi

Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah mencari inspirasi. Inspirasi sendiri bisa anda temukan di sekitar dari orang-orang yang sudah menguasai desain grafis terlebih dahulu. Bisa juga dengan mempelajari hasil desain dari para desainer dengan melihat portofolio mereka di sosial media.

4. Bedah Proses Desain

Ini juga menjadi salah satu kunci belajar desain dengan bedah proses desain. Pada saat membuat desain, Anda akan belajar menggabungkan bentuk dan garis untuk menghasilkan suatu karya.

Anda bisa melakukan analisa proses dibalik desain yang ada untuk mengetahui langkah apa saja yang diperlukan hingga menghasilkan sebuah karya.

5. Buat Ulang Desain Terbaik

Pada sebuah desain yang Anda pikir adalah yang terbaik dari karya orang lain maka selanjutnya buat ulang desain tersebut. Lakukan terus sampai hasil desain yang anda buat mirip dengan karya orang lain.

Tapi tetap perhatikan adanya hak cipta dari desain orang tersebut. Anda hanya boleh me-reka ulang saja bukan mengklaim bahwa karya desainer tersebut adalah karya Anda.

Cara belajar desain grafis yang gampang juga adalah dengan menerima kritik dan saran dari orang-orang sekitar saat Anda membuat desain. Bagi Anda yang tidak ingin belajar sendiri untuk mengenal desain grafis, bisa juga memanfaatkan berbagai platform hingga kursus desain grafis profesional.