Bahan Makanan Sehat untuk Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian Anda

Seperti yang kita ketahui, kalori merupakan salah satu asupan yang terdapat pada setiap makanan. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, tubuh membutuhkan kalori untuk menjaga fungsi organ vital di dalamnya dan untuk menyediakan metabolisme dasar.

Dalam hal asupan kalori makanan, kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Itu tergantung pada beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin dan massa otot. Kebutuhan kalori tubuh harus terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, tubuh akan menerima energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan akan mencapai keadaan sehat dan bugar.

Jika kebutuhan kalori harian ini tidak terpenuhi dengan baik, orang tersebut akan menjadi kurus atau kekurangan berat badan dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, kalori tubuh yang tidak mencukupi juga menyebabkan gangguan atrofi otot, melemahnya sistem kekebalan, dan kegagalan organ.

Secara umum, kebutuhan kalori harian adalah 2000-2500 kalori. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori ini. Berikut beberapa bahan makanan sehat yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda.

1. Granola

Komponen makanan sehat yang akan memenuhi kebutuhan kalori pertama bisa didapatkan dengan mengonsumsi granola. Granola merupakan salah satu makanan kaya serat yang terbuat dari campuran oat, kacang-kacangan, dan buah kering.

Biasanya, campuran mentega, madu, atau pemanis lainnya juga ditambahkan ke dalam granola. Granola ini mengandung makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda.

2. Ayam

Bahan makanan sehat yang akan memenuhi kebutuhan kalori Anda selanjutnya adalah daging ayam. Diketahui bahwa Anda akan mendapatkan 475 kalori dalam setiap konsumsi kaki dan paha ayam goreng, atau 184 kalori per 100 gram.

3. Salmon

Daging ikan salmon juga termasuk sebagai salah satu komponen makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori yang dapat Anda konsumsi. Diketahui bahwa setiap fillet salmon 6 ons mengandung 350 kalori, atau dalam 100 gram terdapat 206 kalori.

4. Alpukat

Bahan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda yang tidak kalah penting adalah alpukat. Diketahui setiap alpukat mengandung sekitar 322 kalori, atau setiap 100 gram mengandung 160 kalori.

Selain alpukat, ada jenis buah lain yang tinggi kalori. Seperti pisang dan jambu. Buah kering juga diyakini mengandung banyak kalori. Namun dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan kandungan gulanya, agar tidak berlebihan.

5. Susu

Komponen makanan sehat yang akan memenuhi kebutuhan kalori juga bisa didapatkan dari konsumsi susu. Dengan demikian, setiap konsumsi secangkir susu mengandung sekitar 298 kalori atau 61 kalori per 100 gram.

Itulah beberapa bahan makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. Jaga kesehatan Anda dengan makanan sehat dan perhatikan kebutuhan kalori harian Anda.