Kelebihan dan Kekurangan Strategi Marketing Online

Di zaman sekarang bagi Anda yang ingin melakukan usaha baik pemula ataupun yang sudah melakukan usaha bertahun-tahun pasti tidak asing dengan istilah marketing online. Adapun istilah ini merupakan pemasaran yang dilakukan secara online menggunakan media yang lebih inovatif dan juga efektif untuk mempromosikan produk dan juga layanan jasa.

Bahkan kegiatan pemasaran secara online ini juga efektif bagi UKM hingga perusahaan besar dan terkemuka untuk meningkatkan penjualan. Tentunya melakukan strategi dengan pemasaran online ini anda akan menemukan yang namanya kelebihan dan juga terdapat kekurangan. Berikut akan dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan pemasaran secara online.

Kelebihan Marketing Online

1. Jangkauan Lebih Luas

Strategi marketing online memberikan jangkauan yang jauh lebih luas, Anda bahkan tidak hanya bisa menemukan para pelanggan hingga ke pelosok negeri tapi juga sampai luar negeri dikategori pelanggan potensial. Potensial di sini maksudnya bahwa Anda akan menemukan para pelanggan yang memang punya ketertarikan untuk membeli produk tersebut karena targetnya tepat.

Miliaran orang di dunia saat ini menggunakan internet setiap harinya jadi melakukan marketing online adalah cara efektif untuk memasarkan bisnis hanya bermodalkan internet saja.

2. Biaya yang Dikeluarkan Murah

Dari segi biaya, tentu saja melakukan pemasaran secara online jauh lebih murah. Jadi untuk Anda yang ingin melakukan promosi bagi yang baru memulai usaha atau merintis, bisa memanfaatkan pemasaran berbasis online.

Bahkan Anda juga bisa melakukan pemasaran dengan biaya nol rupiah atau gratis lewat internet marketing. Namun pastikan Anda memang piawai untuk membuat konten marketing dan juga punya skill pemasaran online yang bagus sehingga bisa terjadi transaksi.

3. Mudah Terhubung ke Pelanggan

Dengan internet maka Anda bisa terhubung ke siapa saja secara real time. Begitu juga jika melakukan pemasaran secara online maka antara Anda penjual dengan pelanggan bisa langsung terhubung. Jadi saat Anda ingin memberikan promo bisa langsung kirimkan email ke pelanggan, gitu juga saat ingin menawarkan produk baru.

Istilah dalam hal ini disebut newsletter, di mana para pelanggan bisa berlangganan newsletter kepada Anda untuk bisa mendapatkan informasi terbaru, program baru hingga diskon atau promo yang sedang ditawarkan.

4. Hemat Waktu

Melakukan marketing secara online, jika dilihat dari waktu tentu saja jauh lebih hemat. Lewat internet Anda bisa mendapatkan informasi baik produk atau jasa dengan begitu mudah, hanya lewat satu kali klik saja maka bisa akses informasi tentang sebuah produk lebih detail.

Pemasaran online juga memungkinkan produk Anda tersedia selama 24 jam. Sehingga hal ini membantu untuk terjadinya transaksi kapan saja dan di mana saja.

Kekurangan

  • Biaya awal mahal, melakukan kegiatan marketing online maka di awal anda akan dikenakan biaya yang cukup tinggi. Namun di zaman sekarang banyak sekali platform yang menyediakan pengiklanan dengan sistem digital marketing yang harganya terjangkau dengan layanan dan service berbeda-beda. Sehingga jika disebut biaya awal mahal, maka tergantung pula pada kebutuhan pemasaran online dari setiap perusahaan.
  • Kekurangan yang kedua yaitu masih ada saja pelanggan yang lebih suka belanja di toko offline karena faktor keamanan. Namun pastinya di zaman sekarang terkadang beli barang secara online juga harus dilakukan karena ada banyak produk yang tidak tersedia di toko offline.

Untuk yang sedang mencari platform untuk pemasaran online maka anda bisa memanfaatkan StickeEarn. Dimana platform ini sudah hadir sejak tahun 2017 dan menjangkau miliaran orang serta sudah melakukan 2500 campaign di 30 kota di Indonesia. Pastinya Anda akan dikenakan biaya yang jauh lebih terjangkau dengan kegiatan marketing online yang tepat dan juga efisien untuk menghubungkan merek dari berbagai industri dengan kualitas tinggi dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *